Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Konsep Rumah Industrialis, Kelebihan dan Kekurangannya

Konsep Rumah Industrialis, Kelebihan dan Kekurangannya - Desain rumah industrialis menjadi pilihan banyak orang untuk mendesain rumahnya. Hal ini bukan tanpa alasan tentunya. Konsep Rumah Industrialis menekankan pada sifat sederhana dan serbaguna yang cocok digunakan di tengah semakin langkanya lahan untuk membangun rumah seperti di kawasan perumahan. 

Selain simpel dan serbaguna, desain interior bergaya minimalis bisa dipadukan dengan berbagai elemen, salah satunya desain industrial. Untuk memahami kombinasi desain rumah di atas, mari simak penjelasan tentang apa itu rumah industri dan bagaimana cara membangun desain rumah industri minimalis pada artikel berikut ini.



Definisi Rumah Industrial

Rumah industri adalah rumah dengan desain interior yang mengambil gaya desain seperti bangunan pabrik tua atau ruang industri yang telah diubah menjadi ruang kerja atau ruang tamu. Tujuan utama dari desain interior rumah industrial adalah untuk menampilkan kesan masa lalu dan kesan nostalgia yang penuh kehangatan.

Untuk mencapai hal tersebut, desain rumah industrial menggunakan beberapa komponen. Estetika rumah industri umumnya menggunakan beberapa komponen seperti kayu bekas atau aus, bata ekspos, beton ekspos, dan penggunaan perlengkapan pencahayaan ala lampu gudang atau pabrik. Selain material, desain rumah industrial juga bisa ditonjolkan dari penggunaan furnitur vintage atau jadul.

Perpaduan Desain Industrial dan Minimalis

Rumah bergaya industrial bisa dipadukan dengan konsep minimalis. Anda mungkin berpikir bagaimana sebuah rumah yang mencoba menampilkan kesan pabrik atau gudang dengan area yang luas dipadukan dengan gaya minimalis yang memiliki ciri mencoba menggunakan lahan seminimal mungkin. Salah satu cara untuk menggabungkan kedua konsep tersebut adalah dengan menggunakan konsep ruang terbuka. Ruang terbuka sendiri merupakan konsep yang cukup populer dalam desain rumah industrialis.

Dengan ruang terbuka, Anda bisa memanfaatkan ruangan multifungsi. Ruang terbuka juga akan meminimalkan kesan sempit dan kecil dari konsep rumah industrialis. Selain konsep minimalis, desain industrial juga bisa dipadukan dengan gaya yang Anda sukai.

Cara Membuat Desain Rumah Industrialis

Pemilihan furnitur sebaiknya dilakukan berdasarkan gaya atau desain rumah yang telah ditentukan sebelumnya. Oleh karena itu, untuk membuat desain rumah industrial minimalis, sebaiknya pilih furnitur yang mencirikan kedua konsep tersebut. Kami telah membahas kesan estetis apa yang ingin disampaikan oleh interior rumah industri. Untuk lebih memahaminya, simak pembahasan beberapa tips menonjolkan kesan rumah industrial di hunian Anda.

Campuran Logam dan Kayu

Kombinasi lantai kayu kasar dengan elemen logam atau logam pada furnitur, entah itu emas, hitam, atau tembaga, akan membuat karakteristik industri lebih terlihat. Perpaduan dua elemen ini tentu akan membuat gaya menjadi lebih keren. Anda akan melihat campuran yang tidak terduga. Misalnya pada ruangan tertentu, menggunakan lantai atau dinding kayu kasar tanpa finishing. 

Kemudian untuk kaki kursi di dalam ruangan, gunakan kaki black metal. Ini akan membuat gaya yang menarik, dengan warna coklat tua yang mempesona. Jika rumah Anda berlantai dua, Anda bisa menggunakan tangga menggunakan material besi, hal ini akan membuat gaya industrial di rumah Anda semakin terlihat. Jadi memang elemen kayu dan logam harus menjadi yang paling penting dibandingkan dengan elemen lainnya.

Balok, Pipa, dan Langit Terbuka

Inilah ciri utama desain rumah industrial. Saat Anda memasuki kantor atau kafe dengan desain ini. Pasti akan melihat balok, pipa, atau langit-langit yang terbuka. Seperti itu dimaksudkan untuk menunjukkan segalanya. Oleh karena itu, dalam penataannya harus diperhatikan dengan sebaik-baiknya. Saat meletakkan pipa, kabel dan lainnya harus mematuhi aturan dan menunjukkan keindahan ruangan.

Warna Desain Rumah Industrialis

Saat Anda memasuki ruangan dengan gaya industrial, Anda jarang melihat warna mencolok. Seperti merah, kuning, biru dan lain-lain. Semuanya identik dengan warna gelap atau warna monokrom. Warna abu-abu atau netral adalah yang paling dominan. Membuat gaya lebih tegas dan memberikan kehangatan dari ruangan. Furniturnya juga lebih banyak menggunakan warna abu-abu, coklat atau hitam.

Pencahayaan

Rumah tanpa penerangan tentu akan terlihat gelap dan tidak sehat. Meski rumah industrial lebih dominan dengan warna gelap atau netral, Anda tetap harus memperhitungkan pencahayaannya. Sehingga semua cahaya dapat masuk dengan baik.

Untuk desain jendela, Anda bisa menggunakan besi hitam dan membuatnya sederhana. Tidak perlu desain jendela yang terlalu rumit. Cukup sederhana untuk menambah kesan industrial. Gunakan lampu hitam yang digantung, lalu gantungannya sedikit terlihat.

Dekorasi

Rumah tanpa dekorasi akan sia-sia, karena dekorasilah yang membuat rumah lebih hidup. Untuk rumah industrial tentunya harus memperhatikan dekorasi dengan sebaik-baiknya, agar konsep rumah industrial lebih terlihat. Anda bisa memilih kursi yang terbuat dari kayu atau logam yang menonjol. Untuk dekorasi lainnya, padukan warna dengan elemen warna lainnya. 

Kelebihan dan Kekurangan Konsep Rumah Industrialis

Rumah industrial merupakan gaya desain rumah yang sedang naik daun akhir-akhir ini. Tren rumah industrialis tersebar luas di kalangan masyarakat di Indonesia, mencakup semua kalangan dan kelas sosial masyarakat. Ia tertarik dengan rumah industrialis di Indonesia karena bentuknya yang sederhana, tidak banyak ornamen, elegan, dan bersih sehingga terlihat lebih modern. Disini kami akan menjelaskan kelebihan dan kekurangan jika ingin membangun rumah industrialis.

Kelebihan Rumah Industrialis

Bentuk Sederhana dan Berlaku Umum

Salah satu hal yang disukai orang tentang rumah industri adalah bentuknya yang sederhana dan lugas. Bentuk rumah sangat mengacu pada fungsi dengan sedikit dekorasi. Dengan demikian, tidak akan ada perbedaan yang signifikan antara rumah-rumah kelas atas dan kelas menengah.

Hal inilah yang membuat keseimbangan desain pada suatu area. Meski rumah industrialis dibuat dengan bujet melimpah, biasanya yang muncul hanya perbedaan kelas bahan finishing, kerapian pengerjaan dan beberapa elemen tambahan yang digunakan. Kecuali Anda memasuki rumah, Anda mungkin melihat perbedaan pada furniturnya.

Bersih dan Elegan

Dengan tidak adanya dekorasi di dalam rumah, elemen rumah terlihat lebih bersih dan luas. Hal inilah yang membuat kesan elegan pada rumah industrialis. Area di dinding terlihat begitu luas dan bersih. Kebersihan inilah yang meningkatkan nilai penampilan rumah industrialis. Orang mendambakan rumah yang bersih dan elegan sehingga rumah industrialis bisa menjadi salah satu jawabannya.

Kekurangan Rumah Industrialis

Tidak Ada Identitas Lokal

Rumah industrialis termasuk dalam gaya arsitektur modern yang tidak memperhatikan kondisi lingkungan sekitar. Rumah industrialis memiliki gaya yang diterima secara umum dan terlihat sama di semua area. Hal inilah yang membuat rumah industrialis mengabaikan identitas arsitektur lokal.

Tidak Mudah Membuat Rumah Industri yang Rapi

Rumah industrialis memang bisa lebih cepat dikerjakan karena ketiadaan elemen dekoratif dan minimnya permainan material dan warna di dalam rumah. Namun ternyata tidak mudah untuk membuat hasil akhir yang rapi untuk bidang yang luas. Dengan keterbatasan teknologi yang ada dan keterampilan pekerja yang tidak mencukupi, finishing rumah industri di Indonesia terkesan tidak rapi.

Anda bisa melihat sendiri contoh rumah industrialis yang baru dibangun di sekitar tempat tinggal Anda. Meski menggunakan kontraktor ternama, terkadang masih ada finishing yang terlihat kurang rapi. Anda bisa melihat di persimpangan antara dinding dan lantai, sudut ruangan, di overstek dan tutup beton. Area dinding putih besar juga sering tidak lurus. 

Demikian ulasan artikel yang kami buat tentang Konsep Rumah Industrialis, kelebihan dan kekurangannya. Semoga bermanfaat.